Book a Reservation

Book A Session Now and take your place for best service

Opening Hour: Senin - Sabtu | 11.00 - 19.30
Ketidak Seimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon terkait dengan berbagai kondisi kesehatan, mulai dari infertilitas dan depresi hingga kurang fokus serta hilangnya kekuatan otot. Ketidakseimbangan reproduksi hormonal dan ketidakseimbangan hormon sistemik keduanya bisa menjadi sumber kekhawatiran utama. Berikut adalah beberapa cara, baik alami atau medis, untuk mengobati dan menyeimbangkan hormon Anda. Metode-metode berikut juga dapat membantu jika Anda menderita Hirsutisme dan / atau sindrom ovarium polikistik (yang juga berkaitan satu dengan lainnya.

 

Menyeimbangkan Hormon Pada Wanita

Pahami terlebih dahulu fungsi masing-masing hormon. Setiap hormon bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu dalam tubuh seorang wanita. Mengetahui tugas masing-masing hormon tersebut akan membantu Anda menentukan hormon apa yang kurang atau tidak seimbang berdasarkan fungsi tubuh yang mana yang tidak bekerja dengan baik.

Estrogen: ini adalah hormon seks wanita yang paling utama. Pada wanita, fungsinya mempercepat metabolisme, meningkatkan timbunan lemak, mengurangi massa otot, membantu membentuk karakteristik seks sekunder, meningkatkan gairah seks, dan mempromosikan peningkatan pertumbuhan dan pembentukan rahim.

Kekurangan hormon estrogen dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur, kurangnya menstruasi, perubahan suasana hati, kurangnya keinginan seksual, ketidakmampuan untuk hamil, dan menopause dini.
Progesteron: Umumnya dianggap sebagai "hormon kehamilan," ia bertanggung jawab dalam persiapan rahim untuk implantasi dan mengurangi respon kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat menerima kehamilan. Penurunan dalam jumlah progesteron setelah kehamilan diduga membantu memicu kelahiran dan produksi susu.

Kekurangan hormon progesteron terutama diidentifikasi oleh, menstruasi yang tidak teratur serta sulit mempertahankan kehamilan. Kenaikan berat badan di bagian tengah, gejala pramenstruasi parah, dan kelelahan yang parah juga dapat terjadi.
Testosteron: Dikenal sebagai hormon seks pria yang paling utama, juga terdapat dalam tubuh wanita. Pada wanita, ia berfungsi untuk memberikan kontribusi libido dan bertanggung jawab atas banyak perubahan yang dialami perempuan selama masa pubertas, termasuk jerawat, perubahan halus pada rentang vokal, dan penghentian siklus pertumbuhan.

Defisiensi testosteron pada wanita paling sering diidentifikasi oleh kurangnya libido, ketidakmampuan fisik untuk terangsang, kulit kering yang abnormal, serta rambut mudah rapuh.
Prolaktin: Meskipun memiliki efek yang luas, ini adalah hormon utama yang bertanggung jawab merangsang kelenjar susu untuk memicu laktasi. Hormon ini juga membantu perkembangan janin ketika seorang wanita hamil, juga kemampuan untuk bereaksi serta menghentikan gairah.

Defisiensi prolaktin ditandai dengan air susu yang tidak memadai, gangguan menstruasi, pubertas yang tertunda, rambut rontok, dan kelelahan. Hal ini paling sering didiagnosis setelah seorang wanita melahirkan, terutama jika terjadi perdarahan yang berlebihan saat melahirkan.

 

Tambahkan kekurangan hormon jika Anda mengalami hal ini.

Beberapa hormon reproduksi wanita dapat diseimbangkan dengan membeli atau memberikan suplemen - cream.

Suplemen estrogen dan progesteron tersedia tanpa resep, baik dalam bentuk krim ataupun pil.
Tidak ada suplemen prolaktin, tetapi wanita yang menderita kelebihan prolaktin seringkali perlu mengambil suplemen estrogen atau penghambat prolaktin untuk mengobati masalahnya.
Tidak ada suplemen testoteron dijual di toko farmasi yang aman untuk dikonsumsi para wanita. Pil testosteron yang diproduksi untuk pria terlalu kuat bagi wanita.

 

Memperbaiki diet yang Anda jalani.

Umumnya, menjaga diet supaya seimbang juga akan membantu Anda menjaga kadar hormon yang seimbang, tetapi ada beberapa perubahan pola makan tertentu yang dapat meningkatkan kadar hormon Anda bahkan lebih lagi.

Seng dikenal membantu produksi testosteron. Makanan tinggi seng termasuk cokelat hitam, kacang tanah, dan berbagai daging, termasuk daging sapi, anak sapi, domba, kepiting, dan tiram.
Makan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi. Lemak omega-3 menjadikan membran sel sehat, yang memungkinkan hormon berfungsi dengan baik di dalam tubuh. Makanan yang baik adalah buah kenari, telur, dan berbagai jenis ikan, termasuk sarden, trout, salmon, tuna, dan tiram.
Dapatkan lebih banyak serat dalam diet Anda. Makanan tinggi serat termasuk biji-bijian, buah mentah, dan sayuran mentah. Serat mengikat dirinya dengan hormon estrogen yang sudah lama, membersihkannya keluar dari sistem dan menyebabkan keseimbangan lebih baik secara keseluruhan.
Hindari kafein dan alkohol. Studi menunjukkan bahwa penggunaan berlebihan dari keduanya dapat memberikan kontribusi terhadap ketidakseimbangan hormon pramenstruasi.

 

Lebih sering berolahraga. Latihan aerobik dikenal dapat melepaskan zat kimia yang memperbaiki suasana hati, juga dapat membantu menyeimbangkan suasana hati yang berubah-ubah disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan hormon reproduksi wanita.

 

Kurangi stres. Stres menyebabkan kelebihan produksi kortisol, yang menghalangi estrogen. Pada wanita, hilangnya estrogen juga menyebabkan penurunan jumlah serotonin, yang sering dikaitkan dengan gangguan suasana hati.

 

Minta bantuan medis. Jika solusi alami tidak terbukti efektif, Anda mungkin perlu mengatur kadar hormon Anda melalui penggunaan obat resep atau terapi sulih hormon.

 

Mulai menggunakan kontrasepsi oral.[1] KB tidak sekedar menghentikan reproduksi. Pil KB mengandung hormon sintetis yang mampu menyeimbangkan kadar estrogen yang tinggi dan rendahnya tingkat progesteron.
Tanyakan kepada dokter Anda tentang anti-depresan. Kebanyakan antidepresan bekerja dengan menyeimbangkan tingkat serotonin, yang turun sebagai respons terhadap kadar estrogen yang rendah. Beberapa juga telah terbukti cukup efektif mengurangi hot flashes, rasa hangat yang menyebar ke seluruh tubuh yang dimulai dari bagian kepala dan leher, akibat ketidakseimbangan hormon yang dialami wanita menopause.[2]
Lakukan terapi sulih hormon menopause. Terapi penggantian hormon adalah setara dengan resep suplemen hormone di toko farmasi. Wanita menopause adakalanya diobati dengan dosis estrogen, progesteron, atau kombinasi progestin-estrogen.[3]

 

1. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12521654

2. http://www.nhlbi.nih.gov/health/women/pht_facts.pdf

3. http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/hormonereplacementtherapy.html

Sumber : http://id.wikihow.com/Menyeimbangkan-Hormon